Nov 6, 2012

Menemukan Dan Menghapus Broken Link Dengan Google Webmaster Tool


Menemukan dan memperbaiki broken link adalah hal yang mutlak bagi pemiliki situs. Hal ini penting di lakukan sebagai bagian dari usaha menjaga kinerja dan kesehatan web/blog. Kenapa? Karena broken link  sangat tidak sukai oleh mesin pencari dan pengunjung web/blog.

Apa yang anda rasakan ketika  sedang mencari suatu informasi , mengklik link dan kemudian mendapatkan pemberitahuan 404 page not found.  Kecewa , dongkol atau…..? apapun itu kemungkinan besar tindakan anda sebagai reaksi dari menemukan broken link adalah go out. Pindah ke lain hati…:D

Salah satu alat yang sangat penting di gunakan untuk menemukan dan memperbaiki broken linkdi web/blog anda adalah google webmaster tool.  Walaupun ada beberapa tool yang sama, gratis maupun yang berbayar yang bisa anda temukan di luar sana. Termasuk penggunaan plug in seperti broken link checker pada pengguna platform wordPress.

 Walaupun demikian  GWT tetap sangat penting untuk di gunakan, tentu saja ini berkaitan dengan reputasi google sebagai mesin pencari terbesar dan nomor satu di dunia, memeiliki otoritas yang sangat tinggi, bagaimana pun hasil diagnose dari GWT sangat terpercaya dan bisa di pertanggung jawabkan.

Bagaimana cara menggunakan google webmaster tool?

Untuk menggunakan google webmaster tool anda harus memiliki akun di google. Jika belum silahkan buat akun dulu. Setelah itu baru lakukan verifikasi web/blog anda . Web/blog yang terverifikasi akan terdaftar di  GWT. Anda dapat membaca tutorial cara verifikasi web/blog di googlewebmaster tool  di blog ini.
Setelah itu anda masuk di Google Webmaster Tool.

Pilih blog yang ingin di periksa kesehatannya ( kesalahan perayapan/ crawl  URLs ) GWT tidak menggunakan istilah broken link tetapi  “Crawl errors” yaitu kesalahan perayapan halaman web/blog oleh laba-laba pencari google.  Artinya  suatu kondisi dimana crawler google akan berhenti merayapi suatu halaman jika link kehalaman tersebut mengalami kerusakan/putus  atau patah  ( broken link ) atau Crawl errors .  Penggunaan istilah broken link dan crawl errors satu sama lain tetap relefan.

Informasi di bawah in I merupakan contoh yang di ambil dari kasus yang terjadi pada Blog Bisnis Online

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara menemukan dan menghapus broken link atau crawl erros URL dengan menggunakan google webmaster tool, ikuti tutorial berikut ini!

1. Dari halaman GWT silahkan klik Web/blog yang ingin di periksa broken linknya.
2.  Dari halaman yang terbuka ini anda sudah dapat melihat informasi umum dari web/blog anda, termasuk jumlah link rusak/ crawl errors. Hanya saja anda belum bisa melihat secara spesifik url yang mengalami kerusakan. Untuk melihat mereka maka anda harus:
3. Klik Health>Crawl  URLs ( menu di sebelah kiri ) dan hasilnya adalah :
Tampilah data penrayapan selama 90 hari terakhir, termasuk jumlah url yang tidak di temukan ( URLs Not found ) Perhatikan gambar di bawah ini 


Jika tabel tidak berisi url yang mengalami errors ( not found ) silahkan klik kata Not found di atas.
Jika anda ingin melihat detail ( Errors detail , in site map, sumber link ) dari url yang salah di rayapi tersebut silahkan klik URL di dalam daftar kemudian klik Linked from dan hasilnya seperti ini


Ini sekedar keterangan tambahan untuk url yang bermsalah
4. Klik download ke google doc untuk mempermudah mengelolah masing-masing URL yang mengalami masalah. Apalagi jika URL yang mengalami kesalahan jumlahnya cukup banyak.


Selanjutnya Klik Optimazion >remove URLs   tempatnya ada di sebelah kiri.
Hasilnya tampak seperti ini :


Klik  create a new removal reguest
Kopy URL  yang telah di download tersebut kemudian masukkan di form permintaan penghapusan URL kemudian klik continue


Selanjutnya muncul halaman confirmasi penghapusan :


Pada form reason terdapat 3 pilihan yitu :
1.Hapus halaman dari hasil pencarian dan cache
2. Hapus halaman hanya dari cache
3. Menghapus direktori

Pilih yang pertama saja kemudian
Klik saja tombol Submit Reguest untuk mengirim permintaan penghapusan
hasilnya adalahdi dalam  tabel muncul url yang telah di hapus  dan konfirmasi seperti ini:


Artinya sukses mengirim permintaan penghapusan url yang salah di rayapi oleh laba-laba mesin pencari google.  URL yang telah diproses tersebut masih dalam status pending ( jadi belum langsung di hapus ) status akan berupa jika google benar-benar sudah menghapusnya. Dan google akan mengirim pemberitahuan ke email  terhadap perubahan status tersebut.

 jika anda ingin menambahkan url yang mau di hapus masukkan lagi url ke dalam form tersebut klik continue

 Saya berharap informasi di ini dapat bermanfaat bagi pembaca Blog Bisnis Online. Selanjutnya izin kami mengetahui apaun yang anda pikirkan setelah membaca artikel di atas.









9 comments:

  1. tanya dong... saya kan sudah hapus url yang error maupun duplikat di webmaster tools tapi masih ada yang belum hilang juga erornya apalagi pada bagian tag judul yang hilang lama bangetttt, waktu itu saya pilih no 1... kalau misalnya saya pilih yang no 3 itu efeknya gimana yah... terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @blog lirik, URLyang dihapus dengan alat ini akan dikeluarkan dari indeks Google selama minimal 90 hari. jadi kita harus bersabar. Jika kemudian masih ada yang belum hilang, silahkan coba lagi menghapus semua URL yang masih tersisa. Hal seperti itu wajar saja karena walaupun sudah di hapus tapi file-file yang ada di direktori belum benar-benar terhapus semua. Pilihan ke tiga bisa saja di pilih untuk membersihkan semua file di direktori tersebut. Hanya perlu lebih hati-hati jangan sampai ada file penting yang ikut terhapus.

      Delete
    2. oh begitu yah... saya mau tanya lagi nih mas idrus... kalau untuk url server eror baiknya bagaimana yah? soalnya url itu tidak broken link dan masih aktif tapi terdeteksi server error... apa saya harus biarkan saja atau bagaimana?... terima kasih...

      Delete
  2. Pasti ada kesalahan dalam perayapan. Apakah ini juga mempengaruhi yang lain. bagaimana mengatasi url yg di cekal mas? Apa sebabnya. Oot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wconen, Tentu yang lain tidak terpengaruh. Kecuali ada banyak URL yang mengalami hal yang sama di blog anda. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi suatu blog atau postingan di cekal oleh mesin pencari. Misalanya karena di anggap spam, ( ada banyak link keluar ke suatu halaman di blog lain yang mungkin tidak relevan, atau kesitus yang memang telah di tandai sebagai spam, bisa juga ada banyak orang yang yang menandai halaman anda sebagai spam ) kemungkinan lain adalah fmungkin anda tanpa sengaja membuat file robo txt memblokir url yang di maksud, sehingga mesin pencari tidak merayapi link tersebut dll. Jadi kalu ingin mengatasinya kita harus tahu dulu penyebabnya apa. dari situ kita bisa memulai. OK

      Delete
  3. Wah terlalu banyak url saya yang dicekal dengan keyword-keyword unggulan. Terima kasih atas share'y mas Idrus.

    ReplyDelete
  4. Makasih sob, kini site ane http://uratsyaraf.com sudah tidak ada broken link nya

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!