Mar 16, 2013

Bagaimana Menangani Komentar Di Blog


Komentar Blog
Salah satu ke unggulan blog adalah kemampuannya menjembatani komunikasi antara admin dengan pengunjung dan antar pengunjung dengan pengunjung yang lain. Ini di mungkinkan karena tersedianya kotak komentar bagi pengunjung sebagai tempat mengapresiasi dan berdiskusi atara satu dengan yang lain.

Komentar yang berkualitas adalah komentar yang di tulis dengan bahasa yang baik dan benar,  yang mengatakan sesuatu yang relevan dengan artikel postingan dan yang menambah nilai serta memperkaya  pembahasan.

Kenyataan yang di jumpai,  tidak semua komentar di tulis dengan niat menambah nilai dan pembahasan. Tidak sedikit pengunjung  yang datang sekedar menulis komentar spam , negative dan sama sekali tidak berguna bagi pengembangan wawasan dan pemahaman  apalagi nilai tambah. Mereka tidak membaca artikel yang di posting. Paling melihat judul dan dengan percaya diri menganggap telah memahami isi postingan. Sungguh hebat.  Tentu jika mereka yang datang adalah seorang master, ahli pada tofik yang di bahas, wajar jika sekali pandang langsung memahami tofik pembahasan. 

Sebenarnya menulis komentar bukan hanya sekedar setuju, suka dan memuji postingan tetapi lebih dari itu menambah pembahasan, mengatakan tidak setuju, mengemukakan alasan, termasuk member i saran perbaikan/solusi atau mengoreksi jika ada hal yang mungkin ada hal/konsep yang telah salah dipersepsi oleh penulis artikel. Hanya dengan begitu komentar akan bernilai dan memberi  peluang terjadinya interaksi dan diskusi dengan yang lain. Untuk melakukan hal seperti itu memang tidak ada cara lain kecuali anda membaca artikel yang di posting.

Bagaimana kita bersikap pada komentar seperti itu?

Anda tidak perlu marah dan stress dalam menyikapi komentar spam seperti itu. Apalagi jumlahnya hanya beberapa. Kecuali jika sudah ratusan atau lebih yang biasanya komentar spam seperti itu di lakukan oleh software.

Jika di blog anda terdapat komentar seperti dimaksud diatas,  maka pungsi moderasi selalu memberi peluang melihat dan membaca komentar sebelum di publikasi. Plihannya jelas anda punya standar dalam menilai komentar yang berhak di terbitkan di blog anda.  Bekerjalah pada standar anda. Anda boleh menerbitkan atau menghapus komentar spam tersebut.

Untuk kasus software pengirim komentar missal, memasang alat pemgamanan ( capcha ) adalah hal yang sangat baik di terapkan. Paling tidak itu bisa melindungi. Tetapi tidak untuk pelaku manusia yang oportunis memanfaatkan komentar blog untuk melakukan spam.

Keberadaan komentar spam di blog hanya akan membuat pengunjung dan orang yang benar-benar ingin berkomentar jadi merasa bahwa admin blog tersebut tidak memoderasi komentar dengan baik.  Akibatnya anda dapat di cap sebagai blogger yang tidak punya standart pengelolaan blog. Kredibilitas anda akan jatuh dan jelek di mata blogger lain.

Terhadap orang yang menulis komentar dengan baik , apalagi yang bertanya maka sepantutnya komentar seperti itu di balas dan di beri jawaban yang baik. Ini merupakan salah satu etika ngeblog dan berinteraksi dengan blogger lain.
Bagaimana anda berkomentar di blog lain?

Kondisinya sama saja. Apa yang anda tidak sukai berarti itu pula yang tidak di sukai oleh kebanyakan blogger lain. Jadi perlakukan blog orang lain dengan menulis komentar sebagaimana anda ingin orang lain menulis komentar di blog anda. JELAS…….
Selanjutnya jika komentar anda telah di setujui oleh admin blog,  supaya bisa cepat di indeks dan berdampak SEO pada blog anda maka sebaiknya komentar tersebut anda ping. Nah lho…..????

Ping komentar

Agar link komentar tersebut di indeks oleh mesin pencari maka sebaiknya komentar di ping ketika di setujui oleh admin blog. Ambil URL komentar,  biasanya lebih panjang dari link postingannya. Misalnya seperti ini :


Selanjutnya anda  submit  pada web penyedia ping. Bagaimana jika terdapat beberapa komentar yang harus di ping. Mudah saja, silahkan copy semua URL komentar tersebut dan paste pada Salah satu web yang memberi layanan ping secara massal yaitu.

http//www.Pingfarm.com

Sebenarnya bukan hanya URL komentar yang dapat di ping secara massal tetapi termasuk jika anda memiliki beberapa URL postingan yang perlu di ping pada waktu yang sama secara bersamaan. JNika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Pingfarm silahkan langsung ke TKP.

Semoga uraian di atas dapat memebri pencerahan dan menggugah hati dan kesadaran terhadap siapapun yang ingin melakukan komentar spam di blog.

4 comments:

  1. Saya biasanya hanya menggunakan fungsi moderasi untuk kolom komentar saya.. Tapi saya baru tahu jika komentar itu perlu diindeks dengan menggunakan ping..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Eddy Wijaya, terima kasih udah nyampe ke Blog Bisnis online. Iya aku baru juga tahu setelah blogwalking ke beberapa blognya para master SEO dan membahas hal tersebut. Nah sekalian saya rewraite saja sesuai versi saya dan mempublikasi di blog ini.

      Delete
  2. iya, setuju ama di atas, baru tau tuh, silakan mampir k blog saya http://jasascrapebox.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas pengetahuan, cukup menambah pengalaman saya di bidang BO...

    http://goo.gl/IPDrE

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar yang membangun. Terima kasih untuk tidak SPAM!